15 Mei, 2010

Cara untuk menjaga kaki penderita DM agar tetap baik

Posting kali ini saya ingin menulis tentang Pentingnya menjaga kaki untuk penderita diabetes agar terhindar dari cidera/lecet.
Kenapa saya memilih topik ini? karena sebagian besar orang yang menderita DM tidak mengerti, bahwa menjaga keadaan kaki sangat penting jangan sampai luka/lecet. Kenapa kok tidak boleh lecet/ luka?
Karena jika pada bagian kaki terluka maka lukannya akan sangat lama untuk sembuh, tergantung dari  keadaan gula darah juga. Jika gula darah tidak turun, atau cenderung tinggi maka proses penyembuhan akan terganggu.
Lalu luka yang mulannya kecil akan berubah menjadi besar, atau bisa dikatakan menjalar dan akan terus merusak jaringan yang sehat. Oleh karena itu pada penderita kencing manis harus rajin2 untuk merawat dan menjaga kaki agar tidak terjadi cidera.
Karena aroma yang di keluarkan dari luka yang ada akakn beraroma tidak sedap. Hal ini di sebabkan karena adanya bakteri klostridium. yang menghasilkan aroma tidak sedap itu.
Cara untuk menjaga kaki penderita DM agar tetap baik adalah :

1. Gunakan alas kaki kemanapun anda pergi, Bisa sandal/ sepatu . jika sepatu jangan terlalu pas, cari yang agak longgar. Kenapa harus pakai alas kaki, agar kaki tetap terlindungi, dan karena pada area anggota gerak bawah akan mengalami hilangnya rasa sensorik. Jadi penderita tidak merasa sakit jika kakinya terluka / penurunan saraf sensori.
2. Gunakan Lotion pada kaki / pelembut kulit untuk menjaga keadaan kulit tetap baik.
3. Kurangi aktivitas yang menggunakan olah raga kaki .
Nah, itu tips dari saya.
karena waktu saya praktek di RS pernah menemukan pasien yang habis jalan dari kali, lalu kakinya menginjak duri, sampai di rumah tidak terasa. Dia merasakan saat sudah terjadi pembengkaan. Dan karena kurangnya informasi membuatnya membuat keputusan untuk dirawat sendiri. Dia tidak tahu tentang keadaan lukannya. Oleh karena itu, jika di keluarga anda ada yang sakit DM, maka sarankan agar menjaga keadaaan kakinya. Sekian informasi dari saya terima kasih.

3 komentar:

  1. info yang sangat membantu,
    thx buat sobat 'n salam persahabatan...

    BalasHapus
  2. info yang sangat berguna bagi penderita DM, dan yang sehat.

    BalasHapus

isi komentar ya?

smadav antivirus indonesia

Terima Kasih pada pengunjung yang nyasar di Blog jelek ini.

Mohon Berikan Komentar untuk Blog ini. Mohon Berikan Saran dan Kritik yang membangun Untuk Saya.
Terima Kasih