31 Mei, 2010

Apa Manfaat Donor Darah?

Halo, setelah saya posting tentang air, kali ini saya mau ganti topik saja. Manfaat Donor Darah itu lah yang jadi menu saya malam ini.
Menyumbangkan darah merupakan perbuatan yang mulia. Kita bisa menolong orang walaupun dengan darah kita. Hebat bukan? nah, mungkin sebagian orang takut untuk di ambil darahnya. Saya dulu kurang berani kalau ada donor darah. Karena saya punya riwayat hipotensi, hehehe...kadang2 pusing, jadi saya ndak berani. Tapi itu pada saat saya SMA, Tapi sekarang saya kuliah di akper Madiun, waktu itu saya gengsi masak kuliah di akper ndak berani donor darah. Jadi sejak saya kuliah di akper itu saya jadi berani donor. Nah, balik lagi ke tema.
Sekarang kita lihat siapa saja orang yang boleh melakukan donor :
Umur 17-60 tahun
Berat badan minimal 45 kg
Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
Hemoglobin Perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk pria minimal 12,5 gram
jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan.
Lalu pada keadaan apa seseorang tidak boleh donor?

Pernah menderita hepatitis B
Dalam jangka waktu satu tahun sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies therapeutic
Alkoholisme akut dan kronis
Sedang menyusui
Ketergantungan obat
Mengidap Sifilis
Menderita tuberkulosis secara klinis
Menderita epilepsi dan sering kejang
Pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan saat donor darah.
Saya juga mempunyai tips untuk kalian yang mau donor darah, baik yang perdana ataupun yang sudah berkali kali .
-Pastikan perut terisi sebelum donor (sarapan dulu)
- Malam hari sebelum donor, tidur cukup
- Buat yang tekanan darah agak rendah,olahraga ringan sebelum donor. Tekanan darah normal 120/80.
-Rileks aja waktu jarum suntik uda mau masuk
Lalu apa saja sih Manfaat kalau kita donor darah itu :
1. Yang pasti kita dapat pahala.
2. Bisa menolong orang lain walaupun kita ndak kenal. otomatis dapat pahala lagi.
3. Kita bisa cek darah gratis, gak perlu datang ke laboratorium. Kalau kita cek darah pasti bayar, kalau di sini gratis, karena darah yang masuk pasti akan di cek lagi.
4. regenerasi sel darah.
5. Dll.
nah, setelah kita tahu apa saja manfaat donor darah. Mari ndak usah takut donor, yang penting niat karena ALLAH SWT. jadi mari kta donor darah. Ingat menyumbang Uang, Tenaga itu biasa Tapi Menyumbang darah itu LUAR BIASA.
sekian terima kasih teman2.

2 komentar:

  1. aq baru donor sekali, untungnya gak bikin pingsan, malah gak pusing sama sekali, n gak sakit sama sekali... jadi ketagihan deh mo donor darah lagi..

    -- visit http://m.rujakasik.com --

    BalasHapus
  2. klo abis mnum analgesik boleh donor ga?

    BalasHapus

isi komentar ya?

smadav antivirus indonesia

Terima Kasih pada pengunjung yang nyasar di Blog jelek ini.

Mohon Berikan Komentar untuk Blog ini. Mohon Berikan Saran dan Kritik yang membangun Untuk Saya.
Terima Kasih