12 Desember, 2009

Jutaan anak terancam merokok



Jakarta_ Lebih dari 43 juta anak Indonesia tercatat serumah dengan perokok yang terpapar asap tembakau setiap hari. Padahal, anak-anak yang terpapar asap tembakau bisa mengalami pertumbuhan paru-paru yang lambat, lebih mudah terkena brokitis, dan infeksi saluran pernafasan, telinga serta asma.

30 November, 2009

Perokok Pasif

BAHAYA PEROKOK PASIF.

Kadang kita sangat kurang memperhatikan suatu hal yang kecil. Jika kita tahu sesuatu hal yang besar itu berawal dari yang kecil jugakan. Contohnya mengenai perokok pasif, kita kadang tidak sadar kalau sebenarnya menjadi perokok pasif itu menjadi lebih terancam kesehatannya di bandingkan dengan orang yang merokok itu. Karena asap rokok yang sudah kontak dengan udara itu lebih berbahaya. Dari pada asap yang dihisap langsung dari batang rokok. Tetapi di masyarakat kini sudah berpikiran bahwa yang mempunyai resiko terbesar adalah orang yang merokok itu. Karena mereka piker bahwa mereka hanya menghirup sedikit, sedangkan mereka banyak. Dan hal ini juga tidak pernah terfikirkan oleh perokok itu bahwa asap yang dihirup oleh orang disekitarnya lebih bahaya. Mereka hanya berfikir tentang dirinya sendiri. Tapi ini juga dipengaruhi oleh latar belakang orangnya, sebagian besar mereka pasti tidak mengetahui efek yang ditimbulkan. Apa lagi jika di keluarga itu ada seorang ibu yang sedang hamil atau ada anak bayi yang baru di lahirkan. Mereka-merekalah yang nanti menjadi korban. Ini adalah resiko seorang perokok pasif.

“Asap rokok yang dihirup perokok pasif disebut sidestream smoke (asap samping). Dari sebatang rokok yang terbakar, dihasilkan asap samping dua kali lebih banyak daripada asap utama. Resiko kesehatan perokok pasif sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perokok aktif.

Perokok pasif beresiko terserang beberapa penyakit. Misalnya infeksi paru dan telinga, gangguan pertumbuhan paru, atau bahkan dapat menyebabkan kanker paru. Paparan asap rokok juga memberi pengaruh buruk pada pankreas, sebagai regulator insulin gula. Sehingga perokok pasif juga terancam penyakit diabetes.” http://salimsuharis.blogspot.com/2007/05/resiko-perokok-pasif.html

Maap saya sadar kalau artikel ini sangat jelek sekali, saya hanya menyampaikan apa yang ada di dalam pikiran saya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca. Jika ada saran atau kritik mohon disampaikan.

12 Oktober, 2009

Apa Manfaat Makan Sayur setiap Hari?

Dalam posting kali ini saya ingin menulis tentang apa manfaat makan sayur setiap hari? Sebenarnya makan sayur itu banyak manfaatnya anak SD pun juga tahu. Makan sayur tidak harus dalam porsi yang banyak, yang penting tiap hari kalau bisa. Sedikit-sedikit lama2 menjadi bukit bener ndak? dari pada makan banyak tapi besoknya tidak lagi ya percuma.
Salah satu manfaatnya yang pasti tubuh sehat, terus manfaatnya kalau buang air besar bisa lancar karena serat yang ada di sayur itu banyak mengandung air jadi waktu buang air besar tidak sakit. Kalau sedikit serat pasti Fesesnya jadi keras. Terus waktu dikeluarkan mesti rasanya sakit, dan itu yang menyebabkan ambeyen. dubur jadi panas karena itu tadi kotorannya keras. apa lagi buang airnya tidak rutin seitap hari.
Maka dari pada itu kita kalau bisa setiap hari harus mengkonsumsi sayur sayuran.
Maaf kalau banyak kekurangan jika ada yang mau menambahkan silakan. terima kasih
beri komentar ya?

06 Oktober, 2009

7 Tips Cara Berhenti Merokok

Cara Berhenti merokok ini adalah yang ingin saya tulis di blog ini. Merokok Memang di sebagian kalangan orang enak, katanya perokok berat gak merokok sehari rasanya mulut kecut....hahahaha....
Nah, itu untuk orang yang belum sadar betapa bahayanya merokok itu. Disini saya mau berbagi pengalaman untuk anda yang ingin berhenti merokok walaupun saya ini tidak merokok, tapi ini adalah pengalaman nyata saya di keluarga. Bapak saya dulu termasuk perokok berat sehari bisa habis 2 bungkus rokok....wah kayak sepor ya??
Dan sekarang bapak saya sudah berhenti total. Sebenarnya berhenti untuk tidak merokok itu gampang-gampang susah ini ada sedikit tips cara berhenti merokok.
  1. Yakinkan diri kamu untuk berhenti merokok (niat)
  2. Coba Mencari penggantinya rokok kalau kamu pengen rokok coba kamu ngemut aja permen. Dan permennya terserah kamu saja yang penting kamu suka.
  3. Kamu cari sisi buruk dari merokok, pastikamu akan sedikit takut.
  4. Coba bergaul dengan teman yang tidak merokok, tapi kalo sama temen kamu masih di tawarin rokok bilang saja alasannya kamu lagi ndak pengen ngrokok ato lagi ndak enak badan.
  5. Kalau masih pengen merokok kamu ingat apa niat kamu pada hari kemarin.
  6. Ingat dari pada merokok uangnya lebih baik untuk beli makanan, ato traktir teman pasti teman-teman kamu seneng...hehehe...
Nah itu sedikit tips dari saya, bapak saya dulu juga kayak gitu. dan sekarang sudah total tidak merokok, dan sekarang sudah bisa beli 2 motor gara-garanya berhenti merokok.
Kamu hitung saja kalau saja 1 bungkus rokok = 7 rb.
sehari habis 2 bungkus jadi 2 x 7 = 14rb. Di kali 30 hari. 14.000 x 30 hri = 420.000.
nah dari situ kalo satu bulan coba kalo setahun?
sudah bisa beli motor tu, dari pada uang di bakar mending ditabung atau di belikan makanan.
bener ndak?

22 September, 2009

Olah raga bisa turunkan kadar gula

Mau terhindar dari resiko diabetes? Tidak ada salahnya setiap hari melakukan jogging atau bahkan berlari cepat selama 30 menit. Olahraga lari rupanya membawa banyak manfaat.

“Sebenarnya kesehatan itu hanya diperoleh dengan berlari selama 7,5 menit perhari,” kata Dokter James A Timmons Dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Skotlandia.

Timmons dan para koleganya meneliti 16 pria berusia 20 tahun. Mereka diminta menjalanai enam sesi latihan fisik. Setiap sesi antara lain terdiri dari sprint selama 6 hingga 30 detik, diselingi empat menit istirahat. Setelah beristirahat mereka diminta berlari lagi. Sehingga total latihan tersebut mencapai 17 hingga 26 detik.

Latihan tersebut dilakukan selama dua pekan. Mereka juga diberi larutan manis setiap hari. Ternyata kadar gula mereka tetap normal. PAdalah menurut penelitia laruta glukosa biasanya menaikkan kadar gula darah di atas normal.

Timmons menganjurkan agar setiap orang melakukan latihan olahraga intensif setiap hari. Selain jogging olahraga yang juga bisa dilakukan adalah bersepeda kencang atau lari menaiki tangga dua kali dalam sepekan.

Khusus penderita diabetes berusia 20 - 40 tahun, dianjurkan meningkatkan aktivitas fisik secara bertahap di bawah pengawasan dokter. “Kuncinya kita lebih baik berolahraga rutin 7,5 menit setiap hari ketimbang berlari selama 30 menit tetapi hanya satu kali dalam setahun,” ujarnya/reuters/itz

Sumber: Republika | Senin, 23 Maret 2009 | pukul 12:09:00

20 September, 2009

Makanan yang di Bakar Bisa Menyebabkan Kanker

Tadi saya membaca berita di internet kalo Makanan yang di Bakar Bisa Menyebabkan Kanker itu bisa memicu kanker itu di karenakan dalam makanan yang di bakar mengandung zat karsinogen yang bisa memicu kanker sebaiknya dari sekarang kita mulai waspada, ini bukannya saya meminta anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang di bakar, tapi saya mengajak anda untuk waspada berikut ada tips yang bisa saya berikan informasi ini saya dapat dari internet juga :

" Denise Snyder, peneliti nutrisi asal Duke School of Nursing, Amerika Serikat memberikan 7 tips sederhana untuk mengurangi risiko kanker pada makanan bakar. Usahakan untuk selalu menerapkan cara berikut saat Anda menggelar pesta barbeque di rumah."(VIVAnews )

1. Jika Anda membakar makanan dalam bentuk sate atau tusukan baik itu daging atau udang sisipkanlah sayuran. Bisa berupa paprika, nanas, jagung, tomat atau sayuran lain favorit Anda dan keluarga. Rasa sayuran yang dibakar pun juga menjadi lebih lezat.

2. Jika Anda menggunakan microwave untuk memanggang makanan nyalakan termometernya. Hal itu untuk memastikan makanan dipanggang tidak terlalu lama. Dalam memilih daging, pilihlah yang memiliki potongan tipis agar lebih cepat matang dan tidak teralalu lama dalam microwave.

3. Saat membakar makanan, bolak-baliklah secara teratur. Jangan sampai makanan berwarna kehitaman atau gosong.

4. Untuk mengurangi asap pembakaran yang juga penyebab kanker, lapisi panggangan Anda dengan kertas timah. Buatlah lubang di tengahnya sehingga lemak yang terbakar bisa mengalir ke bawah. Siapkan botol berisi air untuk menyemprotkan asap pembakaran.

5. Saat membakar daging, potonglah lemak-lemaknya. Selain lebih sehat, hal itu akan mengurangi asap pembakaran

6. Rendam daging atau ikan yang akan dibakar dengan bumbu dan saus (marinate). Proses merendam bahan makana dengan bumbu ini bisa mengurangi zat pemicu kanker.

7. Gunakanlah temperatur terendah saat Anda memanggang makanan. Jika dibakar, tempatkan bakaran agak tinggi dari sumber api untuk menjaga makanan yang dibakar tidak gosong.

"Snyder juga sangat menyarankan untuk tidak membakar daging olahan seperti sosis, bakso, atau ham. Daging olahan yang dibakar itu bisa meningkatkan risiko kanker."

29 Agustus, 2009

Bagaimana Cara Menghindari Stress di Usia Remaja?????



kebanyakan anak muda kalo stress ada yang melimpahkan unek-uneknya dengan cara yang positif ada juga yang negatif. Positif contohnya Mereka lebih memilih untuk mencari kesibuka atau hiburan bersama teman2, ada juga yang memilih untuk bercerita dengan teman, dll...malah ada juga yang malah makannya tambah banyak, ini contoh pelarian stress yang baik untuk orang-orang yang kurus mungkin ya seperti saya ha..ha..ha..tp ini bisa membuat KanKer alias Kantong Kering Brow..ha..ha.. Nah, kalau masalah Stress dengan pelarian yang negatif, wah ini bahaya ini. Contoh kalau sedang stress anak muda khususnya laki2, biasanya mereka meluapkan emosi dengan berfikir pendek, kayak orang kesurupan kale ya??ha..ha..ha.. ada yang kebut-kebutan naek motor, wah ini bahaya nanti kalo tabrakan gimana?kalo ngebutnya pake becak mah silakan, ha..ha..ha..gokil brow....ada yang minum minumam keras, narkoba, tros malah bisa bunuh diri...wi ngeri bos....

nah, jangan sampai deh mending kalo
stress malah traktir teman2 makan ato liburan kemana ha ha ha ..ini temen2 masti suka dan doain gak sembuh biar di traktir tros ha..ha..ha..just kidd..he..he..

aku beri tips nie biar gak stress

8 tips Menghindari Stress :

1. Ayo berfikir Positif dengan hidup, jangan mikir buruknya, ya sekali2 gak apa mikir buruknya.
2. Yakin kalau setiap masalah pasti ada jalan keluar, entah itu bagaimana caranya.
3. Buat diri kamu senyaman mungkin, nah kalo diri kamu nyaman mesti otak mau mikir enak bgt tu...." jika kamu tidak sedang ingin melakukan apa-apa sebaiknya di saat kamu marah"
4. Cari Hiburan, entah mendengarkan musik, atao mencari kesibukan biar kita lupa dengan masalah sejenak. tapi jangan cari kesibukan yang mengeluarkan pikiran. malah stress nanti...ha..ha..
5. Limpahkan atau ceritakan masalah kamu kepada keluarga atau teman kamu yang kamu anggap bisa memberi solusi terbaik.
6. Usahakan tetap tersenyum, dan cari tontonan yang bisa membuat kamu tertawa terbahak-bahak kalo perlu sampai nguakakakakkaa...kakakakakkakaka...sampai ngiler lah..he..he..karna tertawa itu indah..ha..ha..
7. Jika gak mau kemana-mana lebih baik kamu di rumah saja, tidur atau berdoa kepada Tuhan.
8. Yang terahir kamu beri dukungan kepada dirikamu sendiri, bangkitkan semangat diri kamu sendiri, semua tips di atas gak bakal jalan kalau kamu tidak punya kemuaan untuk bangkit dari keterpurukan. berfikirlah "Aku Bisa...aku mampu....aku sanggup mengatasi masalah ini" Ulangi trus sampai ada kemauan yang muncul di dalam diri kamu.

Semoga tips ini Bermanfaat untuk kalian para orang-orang yang sudah streessss, atau yang mau streess..he..he..he...

24 Agustus, 2009

TIPS MENGURANGI BAU MULUT PADA SAAT PUASA RAMADHAN


Wah, kali ini saya ingin berbagi resep yang lumayan manjur masalah bau mulut..haa..haa...haa....
Sekarangkan memang pas bulan puasa tho? Jadi kebanyakan orang pasti puasa yang gak puasa nanti masok neraka itu katanya pak ustad..he..he.. :-). Kalo orang puasa kebanyakan yang dirasakan mesti lemes, kerja juga males tp kalo di suruh Online mesti bergairah semangat 45 bener gak? ha...ha..ha.. saya juga gtu. Nah pemirza yang saya cinta, halah...kalo orang puasa yang mesti tu bau mulut mesti mak Nyus, Top Markotop Baunya...gak percaya kamu kesini saja tak kasih. Apa nanti hirup udara yang banyak terus keluarin lewat mulut, terus hirup lagi...ha..ha..ha.. enak dong mantep dong..ha..ha..ha..nah cara kalomau mengurangi bau mulut caranya begini.
  1. Waktu sikat gigi jangan lupa lidah juga ikut dibersihkan. Kalau perlu di sikat juga, biar sisa makanan yang di menempel bisa hilang. saya jamin Baunya bekurang drastis (sikat giginya disarankan sehabis makan sahur saja)
Nah, satu tips itu saja sudah pasti sangat membantu, masalahnya saya sendiri sudah mencoba dan itu sangat-sangat berhasil belum saya beri tips yang lainnya. Kenapa kok lidah yang di bersihkan kok tidak yang laen? Itu karena Setelah makan banyak sekali sisa makanan yang tertinggal. Maka dari pada itu lidahnya di bersihkan biar membusuk sisa makanannya. Itu saja kapan2 saya beri tips yang sip..kalo ada yang mau menambahkan juga gakap-apa.mksh

22 Agustus, 2009

TIPS MENJAGA PUASA TETAP SEHAT DAN LANCAR


TIPS MENJAGA PUASA TETAP SEHAT DAN LANCAR

Nah kita kan sekarang sedang dalam suasana bulan puasa ada baiknya kita menjaga tubuh kita biar tetep kuat dalam menjalankan ibadah puasa. Malu dong kalo kita udah gede gak kuat puasa. Jangan kita menjadikan puasa buat alasan kita malas beraktifitas, aktifitas tetep tapi porsinya jangan telalu besar, nanti malah loyo,lemes,mau mandi aja gak kuat...ha...ha...ha...... Aku punya sedikit Tips bagi kita yang sedang menjalankan ibadah puasa

  1. Yakin kalau kita bersungguh-sungguh dalam berpuasa. (penting bgt tu)
  2. Disaat kita Sahur kalo bisa makan secukupnya, makan makanan yang banyak mengandung karbohidarat tinggi biar kita ada cadangan gt. Jangan lupa makan pakai sayur juga biar sehat.(tapi kalo takut gak kuat ya makan 2x porsi juga boleh,he...he..)
  3. Waktu pagi perkirakan aktifitas yang banyak membuang energi, contoh olahraga lari, atau renang, atau fitnes.he..he...he...jangan sampai gara-gara olahraga kita malah lemes, nanti ujung-unjungnya pake jurus terahir(MINUM)ha...ha....ha.....
  4. Kalau yang biasanya pulang kerja jam 13.00 , dibuat agak pagi lagilah pulanganya, ya sekitar jam 11.00 sante-sante aja di rumah. banyakin istirahat tapi kalo lagi santai jangan sambil ngopi. (bahaya nie kalo bapak2 yang suka ngopi)
  5. Jangan lupa ibadah juga, kalo siang jam 2-3 tu emang enak kalo tidur..he..he..he...tp jngan kebablasan sampe magrib...!!!!!
  6. Cari makanan buat buka puasa, kalau bisa ya makanan yang manis tapi jangan yang terlalu manis karena tidak baik untuk kesehatan,jika anda bosan dengan suasana rumah, silakananda cari suasana baru seperti berbuka puasa diresto/di warung/di tempat yang bisa menjadi berbuka bersama keluarga menjadi indah. Baca di sini
  7. Makan secukupnya jangan sampe perut penuh, tros nanti sampai gak kuat jalan wah bahaya ini...kebanyakan anak-anak mesti begini(mohon ibu dan bapak memberitahu anaknya)
  8. Biarkan perut istirahat sejenak sekirat 1 jam, nanti habis sholat trawih baru makan lagi,makan camilan juga bisa.
Nah, itu tips yang saya kira bisa membantu anda dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga amal ibadah kita di terima ...AMIN.

18 Agustus, 2009

Manfaat Kedelai Hitam yang Bisa Mencegah Diabetes dan Kegemukan



Makan kedelai hitam secara teratur mungkin mencegah kegemukan bahkan menurunkan risiko serangan diabetes. Meski baru terbukti pada tikus, saran ini patut dipertimbangkan.
Dalam penelitian yang dimuat dalam Journal of the Science of Food and Agriculture edisi Februari, tim peneliti dari Korea Selatan mempelajari pengaruh diet kedelai hitam terhadap 32 ekor tikus. Setiap hari, tikus-tikus tadi diberi makan sebanyak-banyaknya dengan kandungan kedelai hitam yang bervariasi.
Setelah dua minggu, tikus yang memperoleh 10 persen energinya dari kedelai hitam mengalami kenaikan berat badan yang tidak terlalu banyak, hanya setengah dari kenaikan berat badan tikus kontrol. Kadar kolesterol di darah juga 25 persen lebih rendah. Demikian pula dengan kolesterol LDL yang merugikan, kadarnya 10 persen lebih rendah.
Menurut David Bender, wakil dekan di Royal Free and University College Medical School, London, Inggris, protein pada kedelai hitam mungkin menurunkan produksi asam lemak dan kolesterol. Protein tersebut berperan saat lemak diuraikan di dalam hati dan jaringan lemak. Temuan ini menjelaskan mengapa makanan tradisional di sejumlah negara Asia memanfaatkan kedelai hitam untuk melawan diabetes.
Masalah utama diabetes tipe 2, yang banyak menyerang penduduk dunia, adalah rusaknya kerja insulin karena jaringan lemak yang terbentuk terlalu berlebihan. Karena itu, dengan pembentukan jaringan lemak yang lambat dan berat badan tidak naik terlalu cepat, pengendalian glikemi atau pengaruh makanan terhadap kadar gula darah juga makin baik.
Sumber : http://www.kompas.com/ver1/Kesehatan/0702/27/161439.htm

22 April, 2009

PENTINGNYA PEMBERIAN IMUNISASI PADA ANAK-ANAK


Imunisasi, mungkin kata ini sudah tidak asing lagi untuk anda para orang tua, imunisasi yang sering kita dengar adalah imunisasi folio, imunisasi campak, dll. Kebanyakan imunisasi dilakukan di berikan pada saat anak masih kecil. Hal ini bertujuan agar anak kebal terhadap penyakit yang bisa menyebabkan gangguan pada anak, karena kita tahu bahwa di usia yang masih muda anak-anak lebih mudah terjangkit berbagai macam penyakit, dikarenakan anak-anak belum mempunyai anti bodi yang cukup untuk melawan kuman/ bakteri yang masuk ke dalam tubuhnya. Dengan di berikannya imunisasi maka diharapkan sang anak lebih kebal/tahan terhadap penyakit yang ada.
Sebenarnya jika kita ingin melihat lebih jauh lagi, disini saya tidak melihat apa siapa anda, jika bisa saya hanya ingin memberi tahu anda, bahwa cairan dalam imunisasi yang di berikan pada anak itu adalah bakteri yang sudah di lemahkan, dimana para tim tenaga kesehatan mengembang biakan dengan cara yang sangat aman dan sudah teruji maka anda tidak perlu khawatir, hal ini bertujuan agar tubuh si anak sudah mengenal terlebih dahulu jenis bakteri dan tubuh dengan sendirinya akan membuat anti bodi untuk melawan penyakit tersebut. Kenapa tubuh bisa membuat anti bodi?kita bahas agak jauh lagi,ini hanya untuk menambah wawasan saja, Hal ini dikarenakan tadi yang dimasukan dalam tubuh adalah bakteri yang sudah di lemahkan sehingga tubuh dengan mudah bisa membunuh bakteri tersebut setelah itu maka tubuh secara otomatis akan membuat pertahanan jika ada bakteri sejenis yang masuk dalam tubuh maka tubuh sudah siap melawannya karena tubuh sudah mempunyai antinya kurang lebih begitulah prosesnya. Dan jika kita mau melihat sebenarnya sistem pertahanan negara itu sangat mirip dengan sistem ke kebalan dalam tubuh.

Tujuan dari imunisasi yang pertama adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri yang masuk kedalam tubuh, sebagian anak yang sudah pernah di imunisasi maka mereka akan kebal seumur hidup terhadap penyakit, sesuai dengan imunisasinya. Tapi tidak menutup kemungkinan jika anak yang sudah mendapat imunisasi tetap bisa terjangkit panyakit, walaupun sudah mendapat imunisasi, hal ini sangat berkaitan sekali dengan daya tahan tubuh kita pada saat itu. Contoh suatu ketika pada saat ada bakteri msuk kedalam tubuh maka tubuh akan langsung memberi respon dengan membunuh bakteri tersebut, tetapi dengan syarat tubuh kita dalam keadaan fit/normal. Tapi jika pada saat ada bakteri yang masuk kedalam tubuh dan tubuh kita dalam keadaan yang tidak fit/drop maka ada kemungkinan maka tubuh bisa terkena penyakit walaupun waktu kecil kita sudah mendapat imunisasi. Tetapi keadaan tubuh penderita yang sudah pernah mendapatka imunisasi tidak akan separah jika belum mendapat imunisasi sama sekali.

Maka dari itu para orang tua janganlah lupa untuk memberikan anak anda imunisasi, karena imunisasi sangat penting bagi mereka. Di negara ini kesadaran orang tua akan imunisasi sudah mulai meningkat, jika para orang tua mengetahui fungsi dari imunisasi itu sendiri maka banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari sana. Negara memberikan imunisasi pasti ada tujuan


1. penyakit yang diberikan imunissasi pasti termasuk penyakit yang berbahaya.


2. jika sampai terkena penyakit tersebut maka akan meninggalkan bekas/cacat seumur hidup.


3. bisa menimbulkan kematian.


Nah, setelah anda tahu betapa pentingnya imunisasi maka janganlah anda menunda untuk memberika imunisais pada anak anda yan masih balita karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.terima kasih

Mungkin itu yang bisa saya berikan semoga bermanfaat, saya juga mohon kritik dan sarannya karena saya yakin hal yang saya sampikan di atas masih jauh dari kata sempurna.

Terima Kasih pada pengunjung yang nyasar di Blog jelek ini.

Mohon Berikan Komentar untuk Blog ini. Mohon Berikan Saran dan Kritik yang membangun Untuk Saya.
Terima Kasih