25 Juni, 2010

Manfaat Tomat Untuk Tubuh

Maaf teman-teman saya baru bisa posting lagi. Hal ini dikarenakan kesibukan saya memang banyak.
Ok, kali ini saya ingin bebagi informasi kesehatan lagi. Kali ini saya ingin posting tetang Manfaat dari Tomat.
 Tomat, Kalin semua pasti sudah pernah makan tomatkan? Tapi dalam bentuk yang berbeda, dalam bentuk saus, atau di masak dalam sayuran. Tapi saya tidak ingin membahas masalah bentuk sajiannya. Tapi saya ingin membahas masalah manfaatnya untuk tubuh.
Dulu saya kalau sedang sariawan sering sekali makan tomat agar cepat sembuh. Apakah tomat bisa menyembuhkan sariawan?
Nah, kita tahu kalau dalam tomat terdapat juga vitamin C dan A. Vitamin C itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jadi dengan meningkatnya daya tahan tubuh, maka penyembuhan sariawan akan lebih cepat. Jadi ada benarnya jika sariawan kita makan tomat.
Ternyata tidak itu saja kegunaan dari tomat. Jadi apa saja manfaat dari tomat?
1. Kaya Antioksidan
2. Cegah Penggumpalan Darah

3. Dapat memulihkan fungsi lever.
Ada beberapa tokoh yang berpendapat, bahwa tomat dapat memulihkan lever yakni Dr. John Cook Bennet, Dekan Fakultas Kedokteran Willoughby University di Ohio, mengatakan "Tomat bisa mengobati diare, serangan empedu, dyspepsia (gangguan pencernaan), dan mencegah kolera." Yang lebih dahsyat, Bennet menyatakan, minum jus tomat mampu memulihkan fungsi lever. Selang 120 tahun kemudian, ilmuwan Yumi Tohuoka melalui penelitiannya menunjukkan dukungannya terhadap Bennet. Dalam laporan TheTohoku Journal of Experimental Medicine terbitan Tohoku University di Jepang, Tohuoka menyatakan, jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Demikian pula John Heinerman, seorang peneliti medis yang bekerja sama dengan tabib berkesimpulan, "Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat."
4. Dapat mencegah timbulnya kanker
Beberapa waktu silam tanpa sengaja dihasilkan sejenis tomat yang mengandung antioksidan lycopene tiga setengah kali lebih banyak. Ini berawal dari usaha ilmuwan di Purdue University dan Pusat Penelitian Pertanian Departemen Pertanian AS untuk mengembangkan tomat yang memiliki kualitas lebih baik dan tidak mudah busuk. "Namun, dalam proses berikutnya, mereka menemukan bahwa tomat tersebut memiliki kandungan antioksidan lycopene lebih tinggi ketimbang tomat biasa," kata Avtar Handa, profesor horti kultur di Purdue. Ini tentu memberi harapan lebih besar dalam upaya melawan kanker.
5. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc. Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. “Apalagi tomat juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh”. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet

Sedangkan untuk kandungan gizi tomat per 100 g :

Kalori 20 kal, Protein 1.0 g, Lemak 0.3 g, Karbohidrat 4.2 g, Kalsium 5 mg, Vitamin A 1500 SI, Viamin C 40 mg. Sumber: Daftar Komposisi Bahan Makanan. Depkes (1979)

1 komentar:

isi komentar ya?

smadav antivirus indonesia

Terima Kasih pada pengunjung yang nyasar di Blog jelek ini.

Mohon Berikan Komentar untuk Blog ini. Mohon Berikan Saran dan Kritik yang membangun Untuk Saya.
Terima Kasih