18 Maret, 2011

Jus Wortel dan Khasiatnya

wah, lama ndak posting kali ini saya mau posting tentang wortel lagi saja lah. Melihatn banyaknya pengunjung yang mencari informasi tentang khasiat wortel maka saya akan menambahkan beberapa informasi lagi tentang sayuran yang satu ini.

ya, di artikel saya yang sebelumnya memang belum terlalu sempurna dan kali ini saya cob untuk menyempurnakannya. Nah, wortel ini adalah tumbuhan jenis sayuran umbi yang biasanya berwarna jingga atau putih dengan tekstur serupa kayu. Bagian yang dapat dimakan dari wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wortel adalah tumbuhan biennial (siklus hidup 12 - 24 bulan) yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih.

Tumbuhan ini sangat mudah ditemui di derah pegunungan, dan yang paling mudah lagi bisa kita temui di pasar dan cap cay...hehehehe....

ok kembali lagi ke Wortel.....

Setelah saya baca dan saya utak utik ternyata masih banyak yang percaya terhadap kagunaan wortel sebagai sarana alternatif untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit.



  • Hipertensi: 500 g wortel dicuci, potong-potong, beri sedikit air, lalu diblender. Saring kemudian diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.
  • Rabun senja: 2 batang wortel dicuci, diparut. Remas dengan 2 sendok makan air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, diminum. Lakukan ini 3x sehari.
  • Mata minus: Minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Boleh juga wortelnya diparut. Atau, parut sekitar 7 wortel. Beri sedikit air. Peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.
  • Demam pada anak: 200 g wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.
  • Cacingan: 5 wortel yang sudah dikeringkan ditumbuk/diparut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum2x sehari, 5 g setiap kali minum.
  • Luka bakar: Wortel ditumbuk hingga halus dan oleskan pada luka bakar.
  • Batuk: Sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri 2 sendok air panas, peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2x sehari.
  • Nyeri haid: 250 g wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air lalu diblender. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari
  • Sembelit: 2 wortel dicuci bersih, parut. Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam. Peras. Minum airnya 2x sehari
  • Menghaluskan wajah: 2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu parut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Bisa juga setelah diparut langsung ditempelkan ke wajah sebagai masker, sampai kering. Catatan: Kalau sedang memakai masker, harap jangan bercakap-cakap atau tertawa supaya masker tidak retak.
  • Rakhitis: Sebuah wortel dan sebuah lobak, dicuci lalu diparut. Remas. Peras. Airnya diberi sebuah kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu murni. Aduk, saring. Minum 3x sehari 2 sendok makan  .Sumber :.warintek.ristek.go.id.
Nah, sekarang kita bisa ketahui sayuran kuning ini memang mempunyai banyak manfaat yang kita kadang belum kita sadari.

nah, sekian dulu info-info yang bisa saya sampaikan, kalau ada kekurangannya saya minta saran. terimakasih.

2 komentar:

  1. Artikelnya sangat menarik. Ditunggu tulisan berikutnya.
    Salam dari Jogja :)

    BalasHapus
  2. thanks buat infonya...
    berhasiat banget wortel ternyata..

    BalasHapus

isi komentar ya?

smadav antivirus indonesia

Terima Kasih pada pengunjung yang nyasar di Blog jelek ini.

Mohon Berikan Komentar untuk Blog ini. Mohon Berikan Saran dan Kritik yang membangun Untuk Saya.
Terima Kasih